Piala AFF U-19 2022: Kalahkan Filipina, Indonesia Jaga Asa Ke Semifinal

By Abdi Satria


nusakini.com--Bekasi-Timnas Indonesia U-19 memetik kemenangan dalam laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022. Mereka mampu unggul 5-1 atas Filipina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022) malam.

Kemenangan membuat asa Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke semifinal tetap terjaga. Pada laga terakhir, skuad asuhan Shin Tae-yong harus menang melawan Myanmar. Sementara dua rival, Thailand dan Vietnam harus saling sikut.

Melawan Filipina, Timnas Indonesia U-19 tidak menunggu lama untuk tampil menyerang. Baru sepuluh menit, sudah ada tiga tembakan yang mereka catatkan. Satu lewat Alfriyanto Nico yang bisa ditepis. Sedangkan dua tembakan berasal dari Edgard Amping yang tidak terarah.

Ancaman skuat Garuda Muda kembali muncul memasuki menit ke-13 lewat Kadek Arel. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini memanfaatkan bola dari Frezy Al Hudaifi. Sayang, bola tembakannya bisa diamankan kiper Lance Bencio.

Keunggulan Timnas Indonesia U-19 akhirnya lahir berkat gol di menit ke-15. Penyebabnya, Subhan Fajri dijatuhkan di kotak terlarang. Rabbani Tasnim menjadi algojo penalti dengan mengarahkan bola ke gawang Filipina lewat tembakan mendatar.

Timnas Indonesia U-19 menggandakan keunggulan memasuki menit ke-27. Itu berkat umpan terobosan yang dikirim Rabbani Tasnim kepada Alfriyanto Nico. Sempat memainkan bola, Nico melepas tembakan keras yang tak bisa dibendung.

Anak asuhnya Timnas Indonesia U-19 masih asyik menyerang meski sudah unggul dua gol. Akibatnya, mereka malah kebobolan di menit ke-30.

Itu karena kesalahan Marcell Januar dalam menghalau bola dan mengenai Kadek Arel. Bola liar disambar oleh Justin Frias di dalam kotak penalti dan membuat Filipina mencetak gol balasan.

Beruntung, memasuki menit ke-40, Timnas Indonesia U-19 kembali menambah koleksi golnya dengan mendapatkan hadiah penalti kedua setelah Zanadin Fariz dijatuhkan Antoine Ortega.

Rabbani Tasnim tampil sebagai eksekutor di menit ke-42 sukses melepas tembakan keras ke tengah yang gagal dibendung Lance Bencio.

Tak ada gol lagi di babak pertama sampai wasit meniup peluit tanda memasuki waktu turun minum. Skor sementara 3-1 untuk Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 kembali tampil agresif di babak kedua. Baru menit ke-49, mereka sudah menambah gol. Itu bermula dari sepak pojok Frezy Al Hudaifi yang disambut dengan tandukan oleh Rabbani yang mencetak gol ketiganya di laga ini.

Tempo permainan kedua mulai menurun memasuki babak kedua dan tidak terlalu banyak peluang yang tercipta. Permainan keras sempat membuat beberapa pemain terjatuh dan mengalami cedera akibat benturan.

Filipina sempat kembali menebar ancaman memasuki menit ke-62. Adalah Kamil Amirul yang mendapat kesempatan menembak, namun bola masih belum mengarah ke gawang Timnas Indonesia U-19.

Anak asuh Shin Tae-yong malah mencetak gol kelima di menit ke-70. Alfriyanto Nico sukses mengirim umpan tarik ke kotak penalti lawan yang disambut oleh Teuku Razzaa Fachrezi dengan sentuhan yang membuat gawal Filipina kebobolan lagi.

Keunggulan 5-1 membuat Timnas Indonesia U-19 bermain dengan tempo sedang. Intensitas serangan mereka mulai menurun dan memilih memainkan bola di lini tengah.

Filipina sempat menebar ancaman lagi saat memasuki menit ke-83. Adalah Edgard Amping yang melakukan percobaan tembakan ke gawang Timnas Indonesia U-19. Namun, bola tembakannya tidak terarah.

Wasit meniup peluit panjang dengan skor akhir 5-1 untuk Timnas Indonesia U-19. Hasil ini membuat mereka mengoleksi delapan poin dari empat laga. Peluang lolos ke semifinal masih terbuka lebar dengan memenangi laga kontra Myanmar di laga terakhir nanti (10/7/2022). (bola.com)